Development of Web-Based E-Learning on Virus Material in Biology Education Study Program
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Affandi, A., Hakim, T. I. . R., & Prasetyono, P. (2022). Dimensi Fraud Hexagon dan Spiritualitas pada Kecurangan Akademik Selama Pembelajaran Daring. InFestasi, 18(1), InPress. https://doi.org/10.21107/infestasi.v18i1.14605
Aldi, S., Adnan, A., Ismail, I., & Dzulqarnain, A. F. 2022. Uji Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Keterampilan Proses Sains pada materi SMA/MA Kelas XI Semester I. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1):128-143.
Banjarani, T., Putri, A. N., & Hindrasti, N. E. K. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 130–139.
Batara, A. W., Saparuddin., & Khair, A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Multimedia Interaktif di Kelas XI SMA Negeri 9 Enrekang. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 5(2), 282-285.
Fuad, A., Karim, H., & Palennari, M. (2020). Pengembangan media pembelajaran E-Magazine sebagai sumber belajar biologi siswa kelas XII. Biology Teaching and Learning, 3(1), 38-45.
Habibah, F. N., Setiadi, D., Bahri, S., & Jamaluddin, J. (2022). Pengaruh model problembased learning berbasis blended learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI di SMAN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 686-692.
Hadi, A. P., Rokhman, F. A., & Grafis, K. 2020. Implementasi Website Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada Pondok Pesantren Putra-Putri Addainuriyah 2 Semarang. Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 13(1), 39–49.
Herman, M., & Saleh, A. R. (2023). Blended Learning dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA: Sebuah Meta-Analisis. Biology and Education Journal, 3(1), 37-49.
Larasati, F., & Syamsurizal, S. (2022). Validitas Instrumen Tes Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA/MA tentang Materi Mutasi. JOTE, 4(1), 365–372.
Masriyah. 2006. Modul 9: Penyusunan Non Tes. Surabaya: Universitas Terbuka.
Moto, M. M. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20-28.
Nurhaya, N., Hamka, H., & Faisal, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Kelas XI SMA. Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 15(1), 85-89.
Nurlinah, N., Adnan, A., & Palennari, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Portable Moodle Materi Sistem Koordinasi Untuk SMA Kelas XI IPA. Biology Teaching and Learning, 1(2), 160-166.
Palennari, M., & Daud, F. (2019). Pengembangan strategi blended-learning pada perkuliahan biologi dasar. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL STUDIES (IJES), 22(1), 16-22.
Patongai, D. D. P. U. S., Saparuddin, S., & Palennari, M. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Pada Materi Eksositem di SMA. Biology Teaching and Learning, 3(2), 95-102.
Saparuddin, S., Kaswar, A. B., & Patongai, D. D. P. U. S. (2022). Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Dua Dimensi bagi Guru SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal IPMAS, 2(2), 63-71.
Septyanto, K., Hamid, M. A., & Aribowo, D. 2020. Pengembangan E-Learning Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall. Elinvo (Electronics, Informatics, And Vocational Education), 5(1), 89–101.
Sulastri., Arsal, A. F., & Adnan. (2023). Identifikasi Sumber Belajar yang Mendukung Pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Amal Pendidikan, 4(1), 57-66.
Utami, Hardika Dwi, (2021) penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD INPRES. Skripsi, Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar
Yamasari, Y. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT Yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X – ITS, Surabaya 4 Agustus 2010 ISBN No. 979-545-0270-1
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78.
DOI: https://doi.org/10.31004/jele.v10i1.647
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Arifah Ulviah, Andi Asmawati Aziz, Firdaus Daud

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.