Construct Validation of Science Literacy Instrument with Rasch Modeling on Students of Grade VIII Junior High School
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggarsika, P., Mulyono, T., & Muljani, S. (2024). Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Jawa pada Peserta Didik SMP. Journal of Education Research, 5(3), 3238–3244. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1441
Aryani, A. K., Suwono, H., & Parno. (2016). Profil kemampuan literasi sains siswa SMPN 3 Batu. In Prosiding Seminar nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM
Diniya, D. (2019). Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated Melalui Model Inkuiri Terbimbing Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 22. https://doi.org/10.24014/jns.v2i2.7580
Djaali dan Muljono, Pudji. (2020). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo
D. Pratama, “Analisis Kualitas Tes Buatan Guru Melalui Pendekatan Item Response Theory (IRT) Model Rasch,” Tarbawy J. Pendidik. Islam, vol. 7, no. 1, pp. 61–70, 2020, doi: 10.32923/tarbawy.v7i1.1187.
Esty Aryani Safithry, asesmen teknik tes dan non tes. Malang: CV IRDH, 2018. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/ASESMEN_TEKNIK_TES_DAN_NON_TES/EcbODwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=asesmen+teknik+tes+dan+non+tes&printsec=frontcover
Indri Pudjiati and Faisal Madani, “Asesmen Autentik Analisis Butir Soal Dengan Rasch Model Di Sekolah Dasar: Literature Review,” Mutiara J. Penelit. dan Karya Ilm., vol. 1, no. 4, pp. 01–12, 2023, doi: 10.59059/mutiara.v1i4.325.
Nafiati, D. (2011). Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Melalui Penggunaan Multimedia. Https://Cakrawala.Upstegal.Ac.Id/Index.Php/Cakrawala/Article/View/338, 1–7.
W. Lestari, I. Wigati, M. I. Sholeh, D. Desi Pramita, U. Islam Negeri Raden Fatah Palembang, and S. Selatan, “Instrumen Literasi Digital Guru Menggunakan Model Rasch,” Orbital J. Pendidik. Kim., vol. 6, no. 2, 2022.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran …, 9, 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/download/31612/21184
Purwo Susongko, Mobinta Kusuma, Y. A. (2019). Model Asesmen Literasi Sains Berbasis Ipa Terpadu. 1–118.S. Mulyani, R. Efendi, and T. R. Ramalis, “Karakterisasi Tes Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Berdasarkan Teori Respon Butir,” J. Pendidik. dan Ilmu Fis., vol. 1, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.52434/jpif.v1i1.1006.
M. R. S. S. N. Ayub, E. Istiyono, S. Munadi, C. Permadi, A. Pattiserlihun, and D. N. Sudjito, “Analisa Penilaian Soal Fisika Menggunakan Model Rasch Dengan Program R,” J. Sains dan Edukasi Sains, vol. 3, no. 2, pp. 46–52, 2020, doi: 10.24246/juses.v3i2p46-52.
Sriyatun, Siti. (2024). PISA dan TIMSS sebagai Acuan AKM. https://www.gurusiana.id/read/sitisriyatun/article/pisa-dan-timss-sebagai-acuan-akm-3711194
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.31004/jele.v10i1.652
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fahriana Alfiokti Tabacholly, Purwo Susongko, Dewi Amaliah Nafiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.